Upaya Mudahkan Jalan Layanan Kesehatan

Jakarta – Platform layanan telemedisin Halodoc mensupport upaya kesehatan preventif. Fitur baru hadir mudahkan jalan masuk layanan kesehatan kapan bahkan dan di mana bahkan.

Kepala Pejabat Operasional Halodoc Veronica Utami dalam acara pembicaraan kesehatan di Jakarta, Selasa (30/4), memberi tahu bahwa Halodoc meluncurkan fitur Home Lab dan Vaksinasi pada akhir 2023 untuk mempermudah mereka yang mau menjalani pemeriksaan kesehatan maupun vaksinasi.

Jakarta – Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof Ali Ghufron menyebut hampir semua slot qris layanan kesehatan ditanggung pemerintah melewati program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama ada indikasi medis. Memang ada beberapa perawatan yang tidak ikut ‘dicover’, melainkan kebanyakan adalah untuk tujuan keindahan.

“BPJS menanggung semua layanan atas indikasi medis, melainkan memang ada beberapa yang tidak dijamin. Apa itu? Satu, tidak pantas dengan prosedur dan hukum yang berlaku,” bebernya dalam akun X legal BPJS Kesehatan seperti dipandang Selasa (13/2/2024).

“Kedua, pelayanan yang sifatnya kosmetika biar tambah indah dan tiga infertilitas, adalah kepingin punya buah hati sebagai contoh,” sambung ia.

Prof Ghufron juga menyebut kecelakaan yang sudah dijamin oleh program jaminan kecelakaan kerja tidak ikut dibiayai BPJS Kesehatan. Demikian pula untuk program vaksinasi yang sebelumnya ditanggung pemerintah, umpamanya vaksin COVID-19. Hanya penerima bantuan iuran BPJS yang masih mendapatkan manfaat tersebut pasca status darurat COVID-19 dicabut.

Sementara untuk perawatan estetik yang tidak masuk dalam tanggungan biaya BPJS Kesehatan adalah ortodonsia atau ortodontis.

“Pemerataan, lazimnya pakai kawat gigi, tentu tidak masuk,” jelas Prof Ghufron.

” juga layanan yang sudah masuk program yang lain oleh pemerintah sebagai contoh umpamanya vaksinasi COVID-19, gangguan kesehatan akibat menyakiti diri sendiri, upaya atau percobaan bunuh diri,” tuturnya, menambahkan.

Gangguan kesehatan akibat hobi yang berbahaya juga ditegaskan Prof Ghufron tidak masuk dalam daftar layanan kesehatan yang ditanggung BPJS Kesehatan. Masyarakat diimbau untuk mengedepankan upaya promotif dan preventif, alih-alih menunggu sakit hingga akhirnya perlu menjalani perawatan di RS.

Pembiayaan yang dikeluarkan dari langkah pencegahan jauh lebih tinggi daripada perawatan dan pengobatan.