Beranda Kesehatan Pilihan Obat Pusing Paling Ampuh yang Umum Digunakan

Pilihan Obat Pusing Paling Ampuh yang Umum Digunakan

24
0
Pilihan Obat Pusing Paling Ampuh yang Umum Digunakan
Pilihan Obat Pusing Paling Ampuh yang Umum Digunakan

Pusing yang tidak tertahankan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, obat pusing paling ampuh bisa digunakan untuk meredakannya. Pengggunaan obat ini umumnya perlu disesuaikan dengan keparahan nyeri dan penyebab pusing.

Pusing bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah gejala. Keluhan ini sering kali disertai dengan sensasi melayang, berputar atau vertigo, atau seperti akan pingsan.

Sebagai salah satu bentuk penanganan pusing, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan. Namun, pemilihan obat pusing paling ampuh sebaiknya tidak sembarangan agar pengobatan berjalan efektif dan keluhan pusing pun cepat mereda.

Beragam Jenis Obat Pusing Paling Ampuh
Pusing biasanya dapat sembuh sendiri dengan istirahat yang cukup. Meski begitu, konsumsi obat pusing umumnya tetap diperlukan bila keluhan tidak kunjung mereda. Beberapa jenis obat pusing paling ampuh yang biasanya digunakan meliputi:

  1. Antihistamin
READ  Jenis Obat Pusing yang Ampuh

Antihistamin mampu meredakan pusing yang disertai gejala mual. Contoh obat antihistamin adalah diphenhydramine atau dimenhydrinate. Obat ini banyak digunakan untuk mengatasi pusing akibat mabuk perjalanan dan umumnya dapat dibeli tanpa resep dokter.

  1. Betahistin

Obat pusing paling ampuh lainnya adalah betahistin. Obat ini dapat mengatasi pusing yang disertai sensasi berputar atau vertigo. Meski begitu, obat ini harus dikonsumsi sesuai resep dokter.

  1. Anticemas

Dokter juga dapat meresepkan obat anticemas untuk meredakan pusing yang dipicu oleh gangguan kecemasan. Beberapa contoh obat ini adalah alprazolam dan diazepam.

Meski ampuh untuk mengatasi pusing akibat gangguan kecemasan, obat ini juga bisa menimbulkan efek sulit bernapas bila dikonsumsi secara sembarangan. Oleh karena itu, penggunaannya harus sesuai anjuran dan di bawah pengawasan dokter.

  1. Diuretik
READ  Beragam Fungsi Penting Vesikula Seminalis

Untuk pusing yang disebabkan oleh penyakit Meniere, dokter mungkin akan memberikan obat golongan diuretik, salah satunya acetazolamide. Obat ini bermanfaat untuk mengurangi dan mencegah timbulnya pusing yang disertai sensasi berputar.

Selain konsumsi obat golongan diuretik, penderita penyakit Meniere juga dianjurkan untuk menjalani pola makan rendah garam dan memperbanyak konsumsi cairan guna mencegah kekambuhan.

  1. Penghambat beta

Obat pusing paling ampuh yang terakhir adalah obat golongan penghambat beta, misalnya propranolol. Sebuah studi menyatakan bahwa konsumsi propranolol bisa mengatasi pusing yang disebabkan oleh migrain.

Namun, perlu diketahui bahwa obat golongan penghambat beta harus digunakan sesuai resep dari dokter.

Selain beberapa jenis obat pusing paling ampuh di atas, dokter juga dapat meresepkan obat golongan triptan untuk mengatasi pusing karena migrain yang disertai aura. Contoh obat tersebut adalah sumatriptan.

READ  Penyakit Penyebab Gangguan Pernapasan Berikut Ini