Beranda Kesehatan Obat Pusing di Apotek yang Umum Digunakan

Obat Pusing di Apotek yang Umum Digunakan

19
0
Obat Pusing di Apotek yang Umum Digunakan
Obat Pusing di Apotek yang Umum Digunakan

Obat pusing di apotek dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi keluhan pusing. Beberapa obat ini dapat dibeli secara bebas, tetapi ada pula yang harus dibeli dengan resep dokter. Untuk mengetahui apa saja pilihan obat pusing yang tersedia di apotek, mari simak artikel berikut ini.

Pusing sering ditandai dengan sensasi seperti melayang atau berputar. Keluhan ini paling sering muncul ketika kurang tidur atau setelah melakukan aktivitas yang terlalu berat. Namun, pusing juga bisa timbul akibat kondisi medis atau penyakit tertentu, misalnya vertigo, anemia, mabuk perjalanan, dehidrasi, infeksi, dan hipoglikemia.

Meski umumnya bisa mereda dengan sendirinya, pusing bisa membuat tubuh tidak seimbang atau bahkan menyebabkan pingsan yang dapat membuat penderitanya terjatuh dan berisiko melukai diri sendiri.

READ  Beragam Fungsi Penting Vesikula Seminalis

Oleh karena itu, pusing yang tidak tertahankan atau tidak kunjung hilang dengan cara sederhana, seperti banyak minum dan istirahat yang cukup, umumnya memerlukan pengobatan, salah satunya dengan mengonsumsi obat pusing di apotek.

Beragam Obat Pusing di Apotek

Berikut ini adalah beberapa pilihan obat pusing di apotek yang bisa digunakan:

  1. Dimenhydrinate

Dimenhydrinate termasuk obat pusing di apotek yang dapat dibeli secara bebas. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi sekaligus mencegah mual dan pusing akibat mabuk perjalanan.

Dimenhydrinate tersedia dalam bentuk tablet maupun sirop. Untuk orang dewasa, dosis obat ini adalah 50–100 mg dimenhydrinate, setiap 4–6 jam sekali.

Meski dimenhydrinate dapat dibeli tanpa resep dokter, penggunaan obat ini perlu disesuaikan dengan pentunjuk yang ada di kemasan obat. Sama halnya dengan obat pada umumnya, dimenhydrinate juga dapat menimbulkan efek samping berupa mulut kering, penglihatan buram, kantuk, dan diare.

  1. Diphenhydramine
READ  Kenali Tremor Beserta Penyebab dan Cara Penanganannya

Diphenhydramine merupakan jenis obat antihistamin yang umumnya digunakan untuk meredakan gejala alergi, demam, dan flu. Namun, obat ini juga bisa digunakan untuk mencegah serta mengobati pusing, mual, dan muntah karena mabuk perjalanan.

Bila ingin mencegah mabuk perjalanan dengan obat tersebut, Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya 30 menit sebelum melakukan perjalanan. Dosis diphenhydramine untuk dewasa adalah 25–50 mg setiap 6–8 jam sekali.

Obat pusing ini memang dapat dibeli secara bebas di apotek. Meski bisa dibeli sendiri, Anda harus mengonsumsi diphenhydramine sesuai petunjuk yang ada di dalam kemasan dan tidak dikonsumsi untuk jangka panjang guna mencegah efek samping seperti mulut kering, sembelit, sakit kepala, serta gelisah.

  1. Scopolamine
READ  Tips Menjalani Kehamilan Sehat bagi Penderita Lupus

Scopolamine juga merupakan golongan obat antikolinergik yang dapat digunakan untuk mencegah serta mengobati pusing dan mual akibat mabuk perjalanan. Di apotek lokal, obat ini tersedia dalam bentuk tablet maupun kaplet. Namun, beberapa toko obat juga menjualnya dalam bentuk obat tempel.

Meski obat pusing ini tersedia di apotek, tetapi Anda perlu membelinya dengan resep dokter. Selain itu, bila hendak menggunakan obat tempel yang dijual bebas, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Pasalnya, penggunaan obat scopolamine dapat menimbulkan efek samping, seperti mengantuk, mulut kering, penglihatan kabur, rasa lelah, ruam, dan nyeri ketika buang air kecil.