Beranda Gaya Hidup Manfaat Sepeda Sehat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Sepeda Sehat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

25
0
Manfaat Sepeda Sehat untuk Kesehatan Fisik dan Mental
Manfaat Sepeda Sehat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Sesuai dengan namanya, sepeda sehat memiliki segudang manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental. Rutin bersepeda sehat diketahui dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke.

Sepeda sehat merupakan jenis olahraga low impact atau olahraga dengan intensitas rendah. Jenis olahraga ini bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran tanpa memberikan beban berlebih pada sendi. Hal inilah yang membuat sepeda sehat umumnya aman dilakukan siapa saja.

Berikut ini adalah beberapa manfaat sepeda sehat yang bisa Anda peroleh:

  1. Menurunkan berat badan dan mencegah obesitas

Rutin melakukan olahraga sepeda sehat diketahui dapat meningkatkan metabolisme, sehingga mampu membakar lemak yang berlebih dalam tubuh.

READ  Mengenali Kalori Sebagai Kunci Berat Badan Sehat

Dengan sepeda sehat, Anda bisa membakar 300 kalori dalam 1 jam. Karena itulah sepeda sehat disarankan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan maupun menghindari obesitas.

  1. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Bersepeda sehat secara rutin juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Olahraga sepeda sehat juga dapat menjaga kolesterol dan trigliserida pada kadar yang aman, sehingga Anda terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.

  1. Meningkatkan fungsi otak lansia

Secara alami, fungsi otak akan menurun seiring bertambahnya usia. Hal inilah yang menyebabkan lansia lebih rentan mengalami gangguan kognitif, seperti penyakit Alzheimer atau penyakit Parkinson.

Meski begitu, sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga sepeda sehat mampu meningkatkan fungsi otak lansia sehingga kondisi-kondisi di atas dapat dihindari.

  1. Menjaga kesehatan mental
READ  Daftar Obat Cacing untuk Dewasa

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, sepeda sehat juga dipercaya bermanfaat bagi kesehatan mental, misalnya menurunkan stres dan mencegah depresi. Ini karena adanya pelepasan hormon endorfin ketika Anda bersepeda sehat.

Selain manfaat di atas, sepeda sehat juga bermanfaat dalam menguatkan otot dan sendi pada tungkai, meningkatkan stamina, serta memperbaiki postur, keseimbangan, dan koordinasi tubuh.