Kesehatan Mental Kian Ngetren dan Perlu Diwaspadai

Kesehatan mental merupakan informasi yang banyak dibahas akhir-akhir ini, lebih-lebih setelah ditemukan banyaknya kasus gangguan kesehatan mental yang terjadi di kalangan orang-orang berusia muda. Di zaman sekarang, gangguan kesehatan mental bisa terjadi pada siapa saja, lebih-lebih orang yang sulit menyesuaikan diri dengan perubahan.

Walau tidak mengakibatkan kematian https://plantarefacil.com/ secara seketika, gangguan kesehatan mental bisa menyebabkan penderitaan berkepanjangan, bagus bagi penderita, keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

Kesehatan mental sendiri diperlukan supaya seseorang bisa berkembang secara jasmani, mental, spiritual, dan sosial, sehingga bisa menyadari kesanggupannya sendiri, memecahkan tekanan, berprofesi secara produktif, serta cakap memberikan kontribusi untuk orang-orang lain. Berdasarkan WHO, seseorang dikatakan sehat mentalnya jika ia sehat utuh secara jasmani, rohani dan sosial.

Variasi dan Gejala Gangguan Kesehatan Mental
Gangguan kesehatan mental kebanyakan sulit dikenali, dan seringkali tidak disadari oleh penderitanya sendiri. Beragam ragam gangguan kesehatan mental pun lebih bisa dideteksi oleh orang terdekat. Apa saja gangguan kesehatan mental yang acap kali terjadi?

Gangguan Kecemasan
Ialah kondisi mental yang ditandai dengan kecemasan yang berlebihan, berlarut-larut, dan sulit dikuasai. Orang dengan gangguan kecemasan atau GAD (Generalized Anxiety Disorder) acap kali merasa kuatir atau kuatir terhadap pelbagai hal, pun tanpa alasan yang terang. Kecemasan yang dinikmati bisa berlangsung hampir tiap hari selama berminggu-minggu.

Gejala gangguan kecemasan ini ditandai dengan:
Rasa resah atau tegang yang berlebihan dan terus menerus

– Ketegangan otot atau tremor

– Kesusahan berfokus atau gampang terganggu

– Susah tidur atau gangguan tidur lainnya

– Kelelahan berlebihan

– Ketegangan jasmani yang menyebabkan sakit kepala, nyeri otot, atau gangguan pencernaan

– Ketakutan terhadap hal-hal yang tidak rasional atau tidak proporsional

– Napas tersengal-sengal atau sesak napas

– Galau dan sulit hening