Beranda Kesehatan Kenali Tremor Beserta Penyebab dan Cara Penanganannya

Kenali Tremor Beserta Penyebab dan Cara Penanganannya

40
0
Tremor
Tremor

Tremor adalah gerakan seperti gemetar pada satu atau beberapa bagian tubuh. Meski terlihat ringan, tremor tidak bisa dianggap sepele sebab bisa menjadi tanda adanya penyakit yang serius. Ketahui apa saja penyebab tremor, agar kondisi ini dapat diantisipasi dan ditangani dengan tepat.

Tremor biasanya terjadi karena adanya gangguan di bagian otak yang mengendalikan pergerakan otot. Kondisi ini dapat dialami siapa saja dan bisa terjadi secara berulang. Namun, tremor yang berulang dengan intensitas yang cukup sering, perlu Anda waspadai. Hal ini karena tremor bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan tertentu.

Berikut ini adalah beberapa jenis tremor yang digolongkan berdasarkan gejala dan penyebabnya:

  1. Tremor Parkinson
READ  Penyakit Penyebab Gangguan Pernapasan Berikut Ini

Sesuai namanya, tremor jenis ini terjadi pada penderita penyakit Parkinson dan umumnya menyerang mereka yang berusia 60 tahun ke atas. Tremor Parkinson biasanya berawal salah satu tungkai atau bagian tubuh tertentu dan akan menjalar ke bagian tubuh lainnya.

  1. Tremor esensial

Tremor esensial merupakan jenis tremor yang paling umum terjadi. Jenis tremor ini memiliki perkembangan yang relatif lambat dan membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun hingga akhirnya menjalar ke bagian tubuh lain.

Sebelumnya, tremor esensial dianggap tidak berkaitan dengan penyakit atau kondisi apa pun. Namun, beberapa studi terbaru menyebutkan bahwa tremor ini berkaitan dengan kondisi degenerasi serebelum, yaitu penurunan fungsi bagian otak yang mengontrol gerakan.

READ  Obat Pusing di Apotek yang Umum Digunakan

Gejala tremor esensial bisa bersifat ringan hingga berat, tergantung bagian tubuh mana yang terkena. Gejalanya meliputi tangan gemetaran saat melakukan aktivitas, suara bergetar saat berbicara, dan sulit berjalan.

Gejala tersebut bisa semakin parah bila disertai stres, kelelahan, kelaparan, konsumsi kafein secara berlebihan, kebiasaan merokok, dan suhu ekstrem.

  1. Tremor serebelum

Jenis tremor ini terjadi akibat adanya kerusakan otak kecil atau serebelum. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh stroke, tumor, dan penyakit, misalnya multiple sclerosis. Selain itu, tremor serebelum juga dapat disebabkan oleh ketergantungan kronis pada alkohol dan pemakaian obat-obatan tertentu dalam jangka panjang.

  1. Tremor distonik

Tremor distonik atau distonia adalah gangguan pergerakan ketika kontraksi otot terjadi terus-menerus sehingga menyebabkan gerakan berputar dan berulang. Pada penderita distonia, tremor bisa membaik bila melakukan istirahat total.

  1. Tremor ortotastik
READ  Waspadai Berbagai Penyakit Infeksi dari Hewan Peliharaan

Tremor ortostatik terjadi dalam waktu cepat dan ditandai oleh adanya kontraksi otot setelah berdiri dan akan mereda saat penderitanya duduk atau mulai berjalan. Banyak yang menganggap kondisi ini sebagai gangguan keseimbangan.