BPJS kesehatan

Jangan khawatir, cukup cek status BPJS kesehatan dari Pandawa

Badan Jaminan Kesehatan Indonesia BPJS Kesehatan terus mengembangkan produk baru untuk memenuhi kebutuhan peserta jaminan kesehatan nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di masa Covid-19.

Salah satunya menghadirkan fitur baru sejak Oktober 2020, yakni fungsi administrasi melalui WhatsApp (Pandawa). Sebagai informasi, Pandawa sudah diuji coba pada Juni 2020.

Proyek tersebut diluncurkan pada Juli 2020 dan masih berjalan hingga saat ini. Wakil Direktur Peserta BPJS Kesehatan Arief Syaefudin https://pilaza.com/ mengatakan Pandawa merupakan layanan baru yang bersifat revolusioner.

Arief Syaefudin mencontohkan, Pandawa bisa memanfaatkan peserta JKN-KIS sebagai pegawai negeri sipil (PNS) yang ingin pindah golongan.

Pandawa bisa digunakan karena fungsi pergantian golongan PNS belum ada di Mobile JKN, kata Arief saat diwawancara melalui Zoom, Rabu (11/11/2020).

Untuk menggunakan fitur tersebut, jelas Arief, peserta JKN-KIS harus mengisi data terlebih dahulu. Setelah data lengkap, lanjut Arief, pembeli akan menghubungi pembeli berdasarkan layanan atau transaksi yang diperlukan.

“Jika demikian, peserta JKN-KIS akan diminta untuk selfie dan mengirimkan foto kartu identitas (KTP) serta berkas lain yang diperlukan,” jelasnya. Menurut Arief, Pandawa bisa efektif menggantikan transaksi tatap muka.

“Tadi bukunya diambil di kasir, Pandawa tinggal difoto dan dikirim. “Respon otomatis hanya pada tahap awal saja,” jelas Arief.

Dalam wawancara tersebut, Arief juga menyampaikan bahwa peserta JKN-KIS dapat menggunakan Pandawa pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 hingga 15.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).