pengelola wisata

Beberapa Pengelola Tempat Wisata Serta Contoh Objek Wisata Yang Dikelola Pemerintah

Objek wisata dapat dikelola oleh berbagai pihak tergantung pada jenis dan lokasi objek wisata tersebut. Berikut adalah beberapa entitas yang mungkin bertanggung jawab atas pengelolaan objek wisata:

Pengelola Objek Wisata

  1. Pemerintah Daerah

    • Banyak objek wisata diatur dan dikelola oleh pemerintah daerah setempat. Pemerintah kota, kabupaten, atau provinsi dapat memiliki peran dalam pengelolaan destinasi wisata.
  2. Pemerintah Pusat

    • Beberapa objek wisata yang memiliki nilai sejarah atau kebudayaan yang tinggi mungkin dikelola oleh pemerintah pusat atau badan khusus yang bertanggung jawab atas pelestarian warisan nasional.
  3. Badan Pariwisata

    • Badan pariwisata di tingkat lokal, regional, atau nasional dapat bertanggung jawab atas pengelolaan dan pemasaran destinasi wisata.
  4. Swasta

    • Beberapa objek wisata dikelola oleh perusahaan swasta atau pengelola properti. Hotel, resor, dan tempat wisata swasta sering kali memiliki peran signifikan dalam pengelolaan dan pemasaran.
  5. Masyarakat Lokal atau Komunitas

    • Di beberapa tempat, masyarakat setempat atau sbobet88 login komunitas bisa menjadi pengelola objek wisata. Mereka dapat membentuk kelompok atau lembaga untuk merawat dan mempromosikan destinasi wisata mereka sendiri.
  6. Organisasi Nirlaba atau Yayasan

    • Beberapa objek wisata dapat dikelola oleh organisasi nirlaba atau yayasan yang fokus pada pelestarian lingkungan, warisan budaya, atau tujuan sosial lainnya.
  7. Badan Internasional

    • Di beberapa kasus, objek wisata yang memiliki nilai internasional dapat dikelola oleh badan atau organisasi internasional.
  8. Perusahaan Wisata

    • Agensi perjalanan atau perusahaan wisata dapat menjadi pengelola atau penyelenggara layanan di objek wisata tertentu.
  9. Koalisi atau Kemitraan

    • Pengelolaan objek wisata juga dapat melibatkan kemitraan antara beberapa entitas, seperti pemerintah lokal, swasta, dan masyarakat setempat.
  10. Pengelolaan Komunitas Berbasis Ekowisata

    • Beberapa destinasi wisata fokus pada pengelolaan berbasis ekowisata, yang melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat setempat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan budaya.

Setiap destinasi wisata mungkin memiliki model pengelolaan yang berbeda tergantung pada kebijakan, sumber daya, dan tujuan pengembangan wisata setempat. Penting untuk melibatkan berbagai pihak terkait untuk mencapai pengelolaan wisata yang berkelanjutan dan memberikan manfaat positif bagi semua pihak terlibat.

Baca Juga : Prinsip Dan Filosofi Gaya Hidup Minimalist Serta Contoh Gaya Hidup Minimalist

Contoh Tempat Wisata Yang Di Kelola Pemerintah

Banyak objek wisata di seluruh dunia yang dikelola oleh pemerintah. Berikut adalah beberapa contoh destinasi wisata yang umumnya dikelola atau diawasi oleh pemerintah:

  1. Taman Nasional Yellowstone (Amerika Serikat)

    • Taman Nasional Yellowstone, yang pertama kali didirikan pada tahun 1872, dikelola oleh National Park Service di bawah Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat. Ini adalah taman nasional pertama di dunia dan terkenal dengan keindahan alamnya, termasuk geiser, mata air panas, dan keanekaragaman hayati.
  2. Candi Borobudur (Indonesia)

    • Borobudur, situs warisan dunia UNESCO di Jawa Tengah, Indonesia, dikelola oleh Badan Pengelola Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC). Badan ini bekerja sama dengan pemerintah untuk menjaga dan mempromosikan situs bersejarah ini.
  3. The Louvre (Prancis)

    • Museum Louvre di Paris, Prancis, adalah salah satu museum seni terbesar di dunia. Museum ini dikelola oleh Louvre Palace, dan sebagian besar koleksi seninya dimiliki oleh pemerintah Prancis.
  4. Great Barrier Reef Marine Park (Australia)

    • Taman Laut Great Barrier Reef di Australia dikelola oleh Great Barrier Reef Marine Park Authority (GBRMPA), sebuah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas perlindungan dan pengelolaan taman laut ini.
  5. Halong Bay (Vietnam)

    • Halong Bay, yang terkenal dengan pemandangan kapal-kapal batu kapur yang indah, dikelola oleh pemerintah Provinsi Quang Ninh di Vietnam. Pemerintah setempat berusaha untuk menjaga keindahan alam dan keberlanjutan lingkungan di daerah ini.
  6. Machu Picchu (Peru)

    • Situs arkeologi Machu Picchu di Peru dikelola oleh Peruvian Ministry of Culture. Kementerian ini bertanggung jawab atas pemeliharaan, penelitian, dan pengelolaan situs bersejarah ini.
  7. Taman Nasional Serengeti (Tanzania)

    • Taman Nasional Serengeti di Tanzania dikelola oleh Tanzania National Parks Authority (TANAPA), badan pemerintah yang bertanggung jawab atas pengelolaan taman nasional dan hutan lindung di Tanzania.
  8. Taman Nasional Banff (Kanada)

    • Taman Nasional Banff di Kanada, yang merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia Rocky Mountain Parks, dikelola oleh Parks Canada, lembaga pemerintah Kanada yang bertanggung jawab atas taman nasional dan situs sejarah nasional.
  9. Petra (Yordania)

    • Petra, kota kuno di Yordania, dikelola oleh Petra Development and Tourism Regional Authority (PDTRA), sebuah lembaga pemerintah yang bekerja untuk mengelola, memelihara, dan mempromosikan situs ini.
  10. Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu (Jepang)

    • Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu di Jepang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup Jepang. Taman ini melibatkan gunung berapi, danau, dan pemandangan alam lainnya.

Pemerintah memainkan peran kunci dalam menjaga dan mengelola objek wisata untuk keberlanjutan jangka panjang serta memberikan manfaat bagi masyarakat dan pengunjung.