Apple Meminta Maaf atas Iklan iPad Pro 2024 yang Kontroversial: Kami Meleset dari Target

Iklan iPad Pro terkini milik Apple menuai kritik pedas dari banyak pihak, lebih-lebih dari kalangan komunitas kreatif.

Sebagai konteks, Apple mempersembahkan iPad Pro terkini mereka dengan chipset M4 dan tampil sebagai produk paling tipis buatan perusahaan.

Sebagai bentuk promosi bermacam-macam hal kreatif yang dapat dikerjakan oleh iPad Pro terkini itu, Apple menayangkan iklan berjudul Crush! yang menunjukkan bermacam-macam benda, seperti piano, cat, sampai pemutar rekaman diratakan oleh mesin press hidrolik.

Pada akhir iklan iPad Pro tersebut dan mesin press hidrolik kembali terbuka, yang tersisa hanyalah tablet teranyar milik perusahaan. Sontak, kritik pedas seputar iklan iPad Pro 2024 bahkan dilayangkan bermacam-macam pihak.

Hugh Grant menyebutnya sebagai “penghancuran spaceman pengalaman manusia,” sementara direktur Handmaid’s Tale, Reed Morano, mengatakan kepada CEO Apple Tim Cook untuk “membaca ruangan” dalam sebuah postingan di X.

Sadar iklan tersebut menjadi pembicaraan, Tor Myhren, Apple’s vice president of marketing mengeluarkan pernyataan. Diberitakan Ad Age, Jumat (10/5/2024), Tor mengatakan, Apple sudah meleset dari target.

“Kreativitas ada dalam DNA kami di Apple, dan amat penting bagi kami untuk merancang produk yang memberdayakan orang-orang kreatif di seluruh dunia,” kata Myhren kepada Ad Age.

“Tujuan kami merupakan untuk senantiasa merayakan bermacam-macam sistem pengguna mengekspresikan diri dan menciptakan ide-ide mereka lewat iPad. Kami meleset dari target dalam video ini, dan kami meminta maaf.

Timbul Sebelum WWDC 2024

Ditambah, iklan ini ditimbulkan beberapa pekan sebelum arena WWDC 2024 di gelar dan digadang-gadang akan menjadi momen Apple mempersembahkan fitur AI generatif di iOS 18.

AI generatif, seperti yang sudah Anda ketahui membutuhkan sesuatu untuk dilatih. Kecerdasan buatan tersebut belajar dari konten yang ada untuk membikin kata-kata, musik, gambar, suara, dan masih banyak lagi.

Di era AI generatif masih dianggap sebagai pembunuh lapangan pekerjaan manusia, Apple gagal sempurna dalam memberikan pesan yang diinginkan ke dalam iklan iPad Pro terbarunya.

Terlepas dari hal tersebut, setidaknya Apple sudah melayangkan permintaan maaf. Tetapi, sepertinya hal ini tak akan stop di sini, mengingat WWDC 2024 akan seketika digelar.